KONTRAK
PERKULIAHAN
I.
Identitas
Mata Kuliah
a. Nama
Mata Kuliah : Media Pengajaran
Geografi
b. Kode
Mata Kuliah/SKS : GEO 30020/ 3 SKS
c. Hari
Pertemuan/Jam : Selasa /Pukul 7.30- 12.00 WIB
d. Tempat
Pertemuan : D. 105 STKIP PGRI Sumbar
e. Dosen
Pembina : Loli Setriani, M.Pd
II.
Manfaat
Mata Kuliah
Mata kuliah
media pembelajaran ini merupakan salah satu mata kuliah yang berperan didalam
pembentukan keprofesionalan calon guru, oleh karena itu mahasiswa perlu
dibekali dengan berbagai teori belajar dan pembelajaran. Keterampilan dasar
guru, dan berlatih menggunakan teori-teori yang ada.
Pemanfaatan
media pembelajaran yang relevan dalam kelas dapat mengoptimalkan proses
pembelajaran. Bagi dosen, media membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan
membantu memotivasi peserta belajar aktif. Bagi mahasiswa, media dapat menjadi
jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat
membantu tugas dosen dan mahasiswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.
Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan baik, dosen perlu mengetahui
kebutuhan pembelajarannya dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi
mahasiswa tentang materi yang akan diajarkan. Terkait dengan itu, media perlu
dikembangkan berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan karakteristik
mahasiswa. Dosen dapat berperan sebagai
kreator yaitu menciptakan dan memanfaatkan media yang tepat, efisen, dan
menyenangkan bagi mahasiswa.
III. Deskripsi Mata Kuliah
Mata
kuliah Media Pengajaran akan memberikan pengetahuan tentang pentingnya pengguaan
media dalam pengajaran geografi, mamilih dan merencanakan, terampil dalam
membuat media sesuai dengan materi pelajaran, memakai serta mengevaluasi media
sesuai dengan materi pelajaran. Topik-topik yang
akan diberikan dalam mata kuliah ini adalah:
(1)
Kedudukan media dalam sistem pembelajaran
(2) Unsur-unsur,
manfaat dan fungsi media pembelajaran
(3)Teori-teori tentang media
(4) Taksonomi media pembelajaran
(5) Sumber belajar
(6) Media pembelajaran
(7) Media visual
(9) Media audial
(10) Projected still media dan
projected motion media
(11)
Menyusun rencana pemanfaatan dan produksi media dalam proses pembelajaran
IV. Kompetensi
a.
Standard
Kompetensi
Setelah berakhirnya perkuliahan selama satu semester, mahasiswa
mampu :
(1). Menggunakan konsep, mengembangkan,
memilih serta menganalisis berbagai media untuk kepentingan pembelajaran guna
meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
(2). Mengidentifikasi Taksonmi variabel
pembelajaran, pola-pola instruksional, serta prinsip-prinsip pemanfaatan
media pembelajaran.
(3). Menemukan kasus-kasus pemanfaatkan media
pembelajaran dan membuat media pembelajaran serta upaya pemanfaatannya.
b.
Kompetensi
Dasar
Kompetensi dasar merupakan capaian pembelajaran lulusan
mata kuliah Media Pengajaran Geografi yaitu melalui proses pembelajaran yang
telah direncanakan maka diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan dasar sebagai
berikut:
a.
Menggunakan konsep, mengembangkan,
memilih serta menganalisis berbagai media untuk kepentingan pembelajaran guna
meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
b.
Mampu mengidentifikasi Taksonmi variabel
pembelajaran, pola-pola instruksional, serta prinsip-prinsip pemanfaatan
media pembelajaran.
c.
Mampu menemukan kasus-kasus pemanfaatkan
media pembelajaran dan membuat media pembelajaran serta upaya pemanfaatannya.
d.
Mampu menciptakan sumber belajar
e.
Mampu membuat media visual dan membuat
media audial .
f.
Mampu membuat projected still media dan
projected motion media
g.
Mampu menyusun rencana pemanfaatan dan
produksi media dalam proses pembelajaran
V.
Strategi
Perkuliahan
Strategi
pembelajaran menggunakan metode Student
Centered Learning (SCL), mahasiswa diarahkan untuk lebih aktif didalam
kelas ataupun diluar kelas. Mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri dengan
mencari bahan referensi melalui internet ataupun buku-buku yang berhubungan
dengan materi yang dimanfaatkan sebagai bahan diskusi setelah ceramah
interaktif didalam kelas. Sebab dosen hanya bertindak sebagai fasilitator dan
pemandu disetiap aktivitas mahasiswa baik pada tatap muka dikelas maupun pada
pertemuan-pertemuan diluar kelas. Selanjutnya mahasiswa juga dipandu dalam mengerjakan
tugas-tugas yang terkait dengan topik-topik yang diberikan
dan mahasiswa di tugaskan membuat media sesuai dengan materi yang akan di
tampilkan. Mahasiswa dituntun
dalam melaksanakan diskusi dan belajar mengenai berdiskusi yang baik. Mahasiswa
dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil beranggotakan 2 - 4 orang. Masing-masing kelompok diberikan topik sesuai dengan yang
tertera di RPKPS. Setiap
kelompok diminta menulis paper/makalah kemudian dipresentasikan di depan kelas.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan pemahaman konsep setiap topik yang
diberikan. Disamping itu, mahasiswa secara individu diminta untuk menulis
makalah dan review literatur Media Pengajaran Geografi . Pada akhir pertemuan perkuliahan dilakukan seminar
kelompok dan presentasi tugas individu mahasiswa.
VI. Materi dan Bahan Bacaan Perkuliahan
Pert
emuan
|
Bahan Kajian
|
Buku Bacaan
|
1
|
1). Pengantar
perkuliahan: Penjelasan RPKPS
dan Kontrak Perkuliahan
|
|
2
|
Media dalam Proses pembelajaran
|
Gerlach,
Ishak Abdulhak
(1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP
IKIP
|
3
|
Hakikat Media Pembelajaran
|
Nana
Sudjana, Ahmad Rifai.( 2005). Media Pengajaran. Sinar Baru
Algendindo: Bandung
|
4
|
Teori media pembelajaran
|
Gerlach,
Ishak Abdulhak
(1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP
IKIP
|
5
|
Taksonomi media pembelajaran
|
Nana Sudjana,
Ahmad Rifai.( 2005). Media Pengajaran. Sinar Baru Algendindo: Bandung
Arif Sadiman
(1996), Media Pendidikan,
Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Rajawali Press : Jakarta
|
6
|
Sumber belajar
|
Ishak Abdulhak
(1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP
IKIP
|
7
|
Klasifikasi media pembelajaran
|
Gerlach,
Ishak Abdulhak
(1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP
IKIP
|
8
|
Memilih dan menentukan media pembelajaran
|
Nana Sudjana,
Ahmad Rifai.( 2005). Media Pengajaran. Sinar Baru Algendindo: Bandung
|
9
|
Ujian Tengah Semester
|
|
10-11
|
Membuat dan menggunakan media visual
|
Heinich, R., Molenda, M., & Russel,
J.D. (1996). (3rd Ed). Instructional technology for
teaching and learning: Designing instruction, integrating computers and using
media.
Merril F. Paul, (1996).Computer in
Education.
|
12-13
|
Membuat dan menggunakan media audial
|
Heinich, R., Molenda, M., & Russel,
J.D. (1996). (3rd Ed). Instructional technology for
teaching and learning: Designing instruction, integrating computers and using
media.
Merril F. Paul, (1996).Computer in
Education.
|
14-15
|
Membuat dan menggunakan projected still media dan projected motion media
|
Arif Sadiman (1996), Media Pendidikan,
Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Rajawali Press :
Alessi M. Sthephen & S.R., Trollip.
1984 Computer Based
Instruction Method & Development, New Jersley : Prentice-Hall, Inc.
|
16
|
Rencana pemanfaatan dan produksi media dalam
proses pembelajaran
|
Gerlach,
Ishak Abdulhak
(1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP
IKIP
|
VII.
Tugas-Tugas
Tugas
yang diberikan kepada mahasiswa terdiri dari tugas individu dan kelompok. Tugas
individu diberikan dalam bentuk membuat paper atau makalah pada setiap topic
yang dibahas dalam bahan kajian dan dipresentasikan pada akhir perkuliahan.
Sedangkan tugas kelompok diberikan pada setiap perkuliahan berlangsung dengan
membagi topic pada setiap kelompok, kemudian dipresentasikan di dalam kelas
pada setiap pertemuan yang sudah direncanakan.
Tugas Individu terdiri dari:
1.
Membuat
Media Pengajaran sesuai dengan materi yang di pilih yang akan di tampilkan
2.
Mencari
jurnal tentang media pengajaran, lalu di buat ke dalam bentuk makalah.
Tugas
Kelompok terdiri dari:
1). Membuat makalah lengkap dean di
presentasekan di depan kelas.
VIII.
Kriteria
Penilaian
Penilaian dilakukan melalui pendekatan
proses dan kinerja baik secara individual maupun secara kelompok. Instrument
yang digunakan untuk penilaian adalah melalui tes, rubric, dan laporan tugas
kelompok dan review media pengajaran geografi.
Penilaian Individu meliputi:
1). Ujian tengah semester 15%
2). Ujian akhir Semester 15%
3). Tugas individu dalam bentuk
Portofolio 30%
4).
Keaktifan dalam mengacukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dalam
diskusi
15%
5). Tugas Akhir Individu 25%
Penilaian kelompok meliputi:
1). Rubrik yang disepakati bersama dan
dibakukan skoringnya 40%
2). Peer group 20%
3). Kekompakan team dalam bekerja 20%
4). Laporan kelompok 20%
Standar konversi nilai yang direncanakan:
A >80
B 66 - 80
C 56- 65
D 45-55
E <
45
IX. Jadwal Perkuliahan
Perkuliahan dilakukan pagi pukul 7.30
WIB pada setiap hari Selasa.
X. Kontrak Tambahan
1)
Mahasiswa ditolerir terlambat 15 menit,
setelah lewat 15 menit masuk akan memperoleh punishment berupa mencari artikel
untuk bahan bacaan perkuliahan untuk pertemuan berikutnya.
2)
Dosen ditolerir terlambat 30 menit,
setelah lewat 30 menit ketua kelas mengubungi dosen untuk mencari jadwal
penganti perkuliahan
3)
Mahasiswa hanya boleh absen paling
banyak 3 kali pertemuan, apabila lebih dari 3 kali, maka mahasiswa tidak
dibenarkan mengikuti ujian, dan harus mengulang mata kuliah ini pada semester
berikutnya.
4)
Setiap mahasiswa wajib memiliki catatan
perkuliahan dan buku pegangan wajib yang disampaikan pada perkuliahan awal
5)
Mahasiswa boleh minta izin pada saat perkuliahan
berlangsung, tetapi apabila setelah keluar tidak masuk lagi dianggap absen.
6)
Mahasiwa menyiapkan ruang kelas untuk
siap dilakukan proses pembelajaran sebelum dosen memasuki ruangan.
Social Plugin