Ad Code

Responsive Advertisement

Contoh Kontrak Perkuliahan


KONTRAK PERKULIAHAN
I.       Identitas Mata Kuliah
a.       Nama Mata Kuliah                  : Media Pengajaran Geografi
b.      Kode Mata Kuliah/SKS          : GEO 30020/ 3 SKS
c.       Hari Pertemuan/Jam                : Selasa /Pukul 7.30- 12.00 WIB
d.      Tempat Pertemuan                  : D. 105 STKIP PGRI Sumbar
e.       Dosen Pembina                       : Loli Setriani, M.Pd


II.    Manfaat Mata Kuliah
 Mata kuliah media pembelajaran ini merupakan salah satu mata kuliah yang berperan didalam pembentukan keprofesionalan calon guru, oleh karena itu mahasiswa perlu dibekali dengan berbagai teori belajar dan pembelajaran. Keterampilan dasar guru, dan berlatih menggunakan teori-teori yang ada.
Pemanfaatan media pembelajaran yang relevan dalam kelas dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Bagi dosen, media membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta belajar aktif. Bagi mahasiswa, media dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat membantu tugas dosen dan mahasiswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan. Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan baik, dosen perlu mengetahui kebutuhan  pembelajarannya dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa tentang materi yang akan diajarkan. Terkait dengan itu, media perlu dikembangkan berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan karakteristik mahasiswa. Dosen  dapat berperan sebagai kreator yaitu menciptakan dan memanfaatkan media yang tepat, efisen, dan menyenangkan bagi mahasiswa.

III.   Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Media Pengajaran akan memberikan pengetahuan tentang pentingnya pengguaan media dalam pengajaran geografi, mamilih dan merencanakan, terampil dalam membuat media sesuai dengan materi pelajaran, memakai serta mengevaluasi media sesuai dengan materi pelajaran. Topik-topik yang akan diberikan dalam mata kuliah ini adalah:
(1) Kedudukan media dalam sistem pembelajaran
(2) Unsur-unsur, manfaat dan fungsi media pembelajaran
(3)Teori-teori tentang media
(4) Taksonomi media pembelajaran
(5) Sumber belajar
(6) Media pembelajaran
(7) Media visual
(9) Media audial
(10) Projected still media dan projected motion media
(11) Menyusun rencana pemanfaatan dan produksi media dalam proses pembelajaran

IV. Kompetensi
a.      Standard Kompetensi
Setelah berakhirnya perkuliahan selama satu semester, mahasiswa mampu :
(1). Menggunakan konsep, mengembangkan, memilih serta menganalisis berbagai media untuk kepentingan pembelajaran guna meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
(2).   Mengidentifikasi Taksonmi variabel pembelajaran, pola-pola instruksional, serta  prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran.
(3).  Menemukan kasus-kasus pemanfaatkan media pembelajaran dan membuat media pembelajaran serta upaya pemanfaatannya.

b.      Kompetensi Dasar
            Kompetensi dasar merupakan capaian pembelajaran lulusan mata kuliah Media Pengajaran Geografi yaitu melalui proses pembelajaran yang telah direncanakan maka diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan dasar sebagai berikut:
a.              Menggunakan konsep, mengembangkan, memilih serta menganalisis berbagai media untuk kepentingan pembelajaran guna meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
b.             Mampu mengidentifikasi Taksonmi variabel pembelajaran, pola-pola instruksional, serta  prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran.
c.              Mampu menemukan kasus-kasus pemanfaatkan media pembelajaran dan membuat media pembelajaran serta upaya pemanfaatannya.
d.             Mampu menciptakan sumber belajar
e.              Mampu membuat media visual dan membuat media audial .
f.              Mampu membuat projected still media dan projected motion media
g.             Mampu menyusun rencana pemanfaatan dan produksi media dalam proses pembelajaran

V.    Strategi Perkuliahan
Strategi pembelajaran menggunakan metode Student Centered Learning (SCL), mahasiswa diarahkan untuk lebih aktif didalam kelas ataupun diluar kelas. Mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri dengan mencari bahan referensi melalui internet ataupun buku-buku yang berhubungan dengan materi yang dimanfaatkan sebagai bahan diskusi setelah ceramah interaktif didalam kelas. Sebab dosen hanya bertindak sebagai fasilitator dan pemandu disetiap aktivitas mahasiswa baik pada tatap muka dikelas maupun pada pertemuan-pertemuan diluar kelas. Selanjutnya mahasiswa juga dipandu dalam mengerjakan tugas-tugas yang terkait dengan topik-topik yang diberikan dan mahasiswa di tugaskan membuat media sesuai dengan materi yang akan di tampilkan.   Mahasiswa dituntun dalam melaksanakan diskusi dan belajar mengenai berdiskusi yang baik. Mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil beranggotakan 2 - 4 orang. Masing-masing kelompok diberikan topik sesuai dengan yang tertera di RPKPS. Setiap kelompok diminta menulis paper/makalah kemudian dipresentasikan di depan kelas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan pemahaman konsep setiap topik yang diberikan. Disamping itu, mahasiswa secara individu diminta untuk menulis makalah dan review literatur Media Pengajaran Geografi . Pada akhir pertemuan perkuliahan dilakukan seminar kelompok dan presentasi tugas individu mahasiswa.


VI. Materi dan Bahan Bacaan Perkuliahan

Pert
emuan
Bahan Kajian
Buku Bacaan
1
1). Pengantar perkuliahan: Penjelasan RPKPS
     dan Kontrak Perkuliahan


2
Media dalam Proses pembelajaran

Gerlach, S. Vernon, 1980.  Teaching  and Media.  New Jersey: Prentice-Hall., Inc.

 Ishak Abdulhak (1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP IKIP Bandung.

3
Hakikat Media Pembelajaran
 Nana Sudjana, Ahmad Rifai.( 2005). Media Pengajaran. Sinar Baru Algendindo: Bandung
4
Teori media pembelajaran

Gerlach, S. Vernon, 1980.  Teaching  and Media.  New Jersey: Prentice-Hall., Inc.

 Ishak Abdulhak (1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP IKIP Bandung.

5
Taksonomi media pembelajaran
Nana Sudjana, Ahmad Rifai.( 2005). Media Pengajaran. Sinar Baru Algendindo: Bandung

 Arif Sadiman (1996), Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Rajawali Press : Jakarta
6
Sumber belajar
Ishak Abdulhak (1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP IKIP Bandung.

7
Klasifikasi media pembelajaran
Gerlach, S. Vernon, 1980.  Teaching  and Media.  New Jersey: Prentice-Hall., Inc.

 Ishak Abdulhak (1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP IKIP Bandung.

8
Memilih dan menentukan media pembelajaran

Nana Sudjana, Ahmad Rifai.( 2005). Media Pengajaran. Sinar Baru Algendindo: Bandung
9
Ujian Tengah Semester

10-11
Membuat dan menggunakan media visual

Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. (1996). (3rd Ed). Instructional technology for teaching and learning: Designing instruction, integrating computers and using media. Upper Saddle River, NJ.: Merril Prentice Hall.

 Merril F. Paul, (1996).Computer in Education. Boston: Allyn and Bacon

12-13
Membuat dan menggunakan media audial

Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. (1996). (3rd Ed). Instructional technology for teaching and learning: Designing instruction, integrating computers and using media. Upper Saddle River, NJ.: Merril Prentice Hall.

 Merril F. Paul, (1996).Computer in Education. Boston: Allyn and Bacon

14-15
Membuat dan menggunakan projected still media dan projected motion media

Arif Sadiman (1996), Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Rajawali Press : Jakarta.

Alessi M. Sthephen & S.R., Trollip. 1984 Computer Based Instruction Method & Development, New Jersley : Prentice-Hall, Inc.

16
Rencana pemanfaatan dan produksi media dalam proses pembelajaran

Gerlach, S. Vernon, 1980.  Teaching  and Media.  New Jersey: Prentice-Hall., Inc.

 Ishak Abdulhak (1994). Pengantar Media Pendidikan. P3MP IKIP Bandung



VII.          Tugas-Tugas
Tugas yang diberikan kepada mahasiswa terdiri dari tugas individu dan kelompok. Tugas individu diberikan dalam bentuk membuat paper atau makalah pada setiap topic yang dibahas dalam bahan kajian dan dipresentasikan pada akhir perkuliahan. Sedangkan tugas kelompok diberikan pada setiap perkuliahan berlangsung dengan membagi topic pada setiap kelompok, kemudian dipresentasikan di dalam kelas pada setiap pertemuan yang sudah direncanakan.
Tugas Individu terdiri dari:
1.      Membuat Media Pengajaran sesuai dengan materi yang di pilih yang akan di tampilkan
2.      Mencari jurnal tentang media pengajaran, lalu di buat ke dalam bentuk makalah.

Tugas Kelompok terdiri dari:
1). Membuat makalah lengkap dean di presentasekan di depan kelas.

VIII.       Kriteria Penilaian
Penilaian dilakukan melalui pendekatan proses dan kinerja baik secara individual maupun secara kelompok. Instrument yang digunakan untuk penilaian adalah melalui tes, rubric, dan laporan tugas kelompok dan review media pengajaran geografi.
Penilaian Individu meliputi:
1). Ujian tengah semester  15%
2). Ujian akhir Semester 15%
3). Tugas individu dalam bentuk Portofolio 30%
4).  Keaktifan dalam mengacukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dalam diskusi
      15%
5). Tugas Akhir Individu 25%

Penilaian kelompok meliputi:
1). Rubrik yang disepakati bersama dan dibakukan skoringnya 40%
2). Peer group 20%
3). Kekompakan team dalam bekerja 20%
4). Laporan kelompok 20%

Standar konversi nilai yang direncanakan:
A         >80
B         66 -  80
C         56- 65
D         45-55
E          < 45

IX. Jadwal Perkuliahan
Perkuliahan dilakukan pagi pukul 7.30 WIB pada setiap hari Selasa.


X.    Kontrak Tambahan
1)      Mahasiswa ditolerir terlambat 15 menit, setelah lewat 15 menit masuk akan memperoleh punishment berupa mencari artikel untuk bahan bacaan perkuliahan untuk pertemuan berikutnya.
2)      Dosen ditolerir terlambat 30 menit, setelah lewat 30 menit ketua kelas mengubungi dosen untuk mencari jadwal penganti perkuliahan
3)      Mahasiswa hanya boleh absen paling banyak 3 kali pertemuan, apabila lebih dari 3 kali, maka mahasiswa tidak dibenarkan mengikuti ujian, dan harus mengulang mata kuliah ini pada semester berikutnya.
4)      Setiap mahasiswa wajib memiliki catatan perkuliahan dan buku pegangan wajib yang disampaikan pada perkuliahan awal
5)      Mahasiswa boleh minta izin pada saat perkuliahan berlangsung, tetapi apabila setelah keluar tidak masuk lagi dianggap absen.
6)      Mahasiwa menyiapkan ruang kelas untuk siap dilakukan proses pembelajaran sebelum dosen memasuki ruangan.

Ad Code

Responsive Advertisement